8 Tips Jalan Kaki yang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Photo of author

By admin

Anda pasti pernah mendengar ungkapan, “Jika Anda berjalan dengan benar, Anda akan menurunkan berat badan dengan sendirinya.” Jalan seperti apa yang harus saya lakukan setiap hari untuk menurunkan berat badan? Dan apakah itu efektif?

Tips jalan kaki yang bisa menurunkan berat badan

Jalan kaki secara teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tapi jalan kaki seperti apa yang bisa mengurangi risiko obesitas?Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika berjalan kaki.

1. Menaikkan kecepatan

Jalan kaki memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Namun, jika dilakukan dengan ringan, penurunan berat badan tidak akan maksimal. Misalnya, jika Anda berjalan terlalu lambat, sebagai contoh: Anda menempuh jarak 500 meter dalam waktu 30 menit atau lebih.

Jika Anda ingin memaksimalkan penurunan berat badan, kami sarankan untuk meningkatkan kecepatan Anda terlebih dahulu. Anda perlu meningkatkan kecepatan karena memicu pembakaran lemak di tubuh Anda dan memungkinkan Anda untuk berlari lebih cepat. Tidak perlu berjalan atau jogging ringan. Jalan cepat saja.

2. Menggunakan pakaian agak berat

Bahkan jika Anda berjalan santai, Anda tidak akan berkeringat dan metabolisme Anda tidak akan meningkat. Apa yang terjadi jika Anda mengenakan pakaian berat seperti rompi beban, atau memegang dumbel seberat 2-3kg di tangan kiri dan kanan?Anda dapat berjalan, tetapi akan lebih sulit.

Jalan kaki merupakan hal yang menyenangkan. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda memiliki sedikit tantangan. Lagi pula, membawa beban 2-3 kilogram tidaklah sulit. Jika anda memiliki masalah obesitas, Anda mungkin tidak memerlukan beban ekstra untuk sementara waktu.

3. Memilih jalanan yang menanjak

Tantangan berjalan untuk menurunkan berat badan jangka pendek lebih dari sekadar membawa beban. Anda juga dapat memilih jalan tanpa tanjakan. Artinya jalan yang dipilih memiliki kemiringan yang agak sulit, yang akan membutuhkan usaha lebih jika ingin mengatasinya.

Trek ini bisa dilakukan di jalan pedesaan dan sawah. Biasanya, daerah tersebut masih memiliki medan yang menantang yang dapat mempermudah pembakaran lemak. Jalan yang menanjak membutuhkan lebih banyak usaha. Karena itu, lakukan hanya beberapa kali dalam seminggu agar kaki Anda tidak cepat lelah.

4. Teknik dan postur sangat penting

Apakah berjalan dicapai dengan berjalan? Tentu saja tidak, tetapi ada beberapa teknik yang memerlukan perhatian khusus saat berjalan. Jika Anda tidak pandai melakukannya, kaki Anda kemungkinan akan sakit. Oleh karena itu, teknik dan postur tubuh sangat penting agar upaya penurunan berat badan dapat dilakukan dengan cepat.

Oh ya, jangan lupa pemanasan dulu. Meskipun dampak pada kaki kurang dari berlari. Kelelahan berlanjut dan risiko cedera tetap tinggi. Karena itu, disarankan untuk melakukan pemanasan dan memakai sepatu yang nyaman.

5. Gabungkan dengan latihan ketahanan

Jangan hanya jalan kaki saja. Anda juga bisa menggabungkannya dengan latihan ketahanan tubuh lainnya. Misal melakukan sit-up. push-up, dan olahraga yang hanya membutuhkan tubuh untuk melakukannya. Lakukan sesuai dengan kemampuan saja. Jangan memaksakan diri karena bisa memicu cedera dan Anda jadi malas olahraga lagi.

6. Melakukan latihan interval

Jalan kaki saja memang tidak akan maksimal dalam membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Oleh karena itu Anda disarankan untuk melakukan latihan interval. Maksud dari latihan interval adalah latihan dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu tertentu. Misal 15-30 detik jalan sangat cepat lalu 15 detik selanjutnya jalan kaki santai. Latihan dengan konsep interval ini akan memudahkan Anda dalam membakar lemak lebih banyak.

7. Durasi pendek tapi sering

Ada dua tipe orang yang melakukan olahraga lari atau jalan kaki. Pertama, mereka yang suka melakukannya dalam jarak yang jauh sekali waktu. Namun, ada yang lebih suka untuk melakukannya sedikit demi sedikit hingga akhirnya mampu memenuhi target yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Anda bisa melakukan salah satu dari metode jalan kaki ini. Namun, secara umum jalan dengan durasi pendek dan berkali-kali jauh lebih baik. Pembakaran bisa berjalan dengan lebih banyak dan tidak sulit untuk melakukannya. Dalam satu hari Anda bisa membagi waktu jalan kaki sebanyak tiga kali untuk membuat tubuh lebih sehat.

8. Bisa fokus pada langkah

Pernahkah Anda mendengar rekomendasi langkah sebanyak 10.000 langkah dalam satu hari? Rekomendasi ini muncul berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2016 silam. Seseorang yang ingin menurunkan berat badan disarankan untuk melakukannya secara perlahan-lahan.

Langsung mendapatkan angka 10.000 langkah memang tidak mudah bagi seseorang. Itulah kenapa kita disarankan untuk melakukannya secara bertahap. Misal pada bulan pertama kita melatih langkah minimal 1.500 lalu bertambah hingga 3.000 di akhir bulan. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh agar tubuh mudah menyesuaikan diri. Oh ya, jalan kaki saat membersihkan rumah atau saat beli sesuatu juga dihitung sebagai langkah juga.

Inilah beberapa ulasan tentang jalan kaki yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Kalau Anda tidak bisa melakukan olahraga berat seperti lari atau angkat beban, jalan kaki adalah salah satu pilihan yang tepat. Apalagi dengan memanfaatkan beberapa hal di atas, Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal dan tubuh menjadi lebih sehat.

2 pemikiran pada “8 Tips Jalan Kaki yang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat”

Tinggalkan komentar