Cara Mencegah Hamil Setelah Berhubungan Intim

Photo of author

By admin

Cara mencegah hamil setelah berhubungan intim. Kehadiran seorang anak tentu menjadi dambaan bagi banyak pasangan, namun dalam kondisi tertentu terkadang kehadirannya belum menjadi prioritas. Hal ini karena adanya beberapa faktor yang melatar belakanginya, seperti faktor finansial dan psikologis.

Untuk itu gensehat telah merangkum beberapa tips bagaimana cara mencegah setelah berhubungan intim. Yuk simak!

Bagaimanakah cara yang efektif untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan intim?

Sebagai bentuk upaya mencegah terjadi kehamilan tanpa menggunakan pengaman, terdapat beberapa pilihan alat kontrasepsi yang dapat kita gunakan

Berikut ini pilihan alat kontrasepsi tersebut :

Menggunakan Alat Kontrasepsi Darurat

cara mencegah hamil setelah berhubungan
obat kontrasepsi darurat

Salah satu cara paling efektif untuk cara mencegah hamil setelah berhubungan intim adalah dengan menggunakan kontrasepsi darurat.

Kontrasepsi darurat adalah obat dalam bentuk pil yang harus pasangan wanita minum sesegera mungkin setelah berhubungan seks tanpa pengaman dengan pasangan. Kontrasepsi cepat dapat membantu Anda mencegah kehamilan. Pil ini bekerja dengan cara mencegah ovulasi dan proses pembuahan yang terjadi saat berhubungan seks tanpa kondom.

Kontrasepsi darurat dapat menjadi cara untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan seksual sampai dengan 72 jam atau 3 hari setelah berhubungan seks tanpa pengaman.

Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kontrasepsi darurat dapat digunakan untuk menunda kehamilan setelah berhubungan seksual sampai dengan 96 jam atau 4 hari.

Meskipun dapat digunakan sebagai metode pencegahan kehamilan setelah hubungan seksual dengan tingkat efektif hingga 98%, metode kontrasepsi ini hanya dapat digunakan dalam situasi darurat.

Anda juga harus memperhatikan beberapa efek samping dari kontrasepsi darurat yang mungkin terjadi seperti rasa mual, rasa lelah yang berlebih, sakit kepala yang hebat, nyeri payudara. Kontrasepsi langsung juga tidak otomatis dapat melindungi Anda dari risiko penyakit menular.

Mengkonsumsi Pil KB

cara mencegah hamil setelah berhubungan
pil KB, obat kontrasepsi

Pil KB, yang sering berperan untuk mengontrol kelahiran, juga dapat membantu Anda mencegah hamil setelah berhubungan seks tanpa kondom.

Namun, tidak semua jenis pil KB dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dengan segera. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis pil KB dan jenis-jenis yang dapat kita sebagai kontrasepsi darurat.

Langkah terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi pil KB sebagai kontrasepsi darurat untuk mendapatkan saran yang terbaik.

Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dan dosis yang sebelum meminum pil KB secara teratur.

Namun, pil KB saja mungkin tidak cukup bila kita gunakan setelah berhubungan seks tanpa kondom. Artinya, Anda masih bisa menggunakan alat kontrasepsi, seperti kondom, pada saat berhubungan seks dengan pasangan berikutnya sampai Anda mendapatkan menstruasi.

Baca juga..
17 Manfaat Alpukat Mentega untuk Kesehatan (Ibu Hamil Wajib Baca)
Folaxin: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Menggunakan IUD Tembaga

cara mencegah hamil setelah berhubungan
IUD Tembaga

Menggunakan intrauterine devices (IUD) adalah cara lain untuk mencegah kehamilan setelah hubungan seksual.

Seperti namanya, IUD tembaga adalah metode kontrasepsi non-hormonal yang menggunakan alat plastik berbentuk T, dengan lapisan tembaga pada alat tersebut.

IUD tembaga bekerja dengan mengeluarkan tembaga untuk memperkuat saluran serviks.

Saat serviks tumbuh, sperma yang masuk ke vagina akan kesulitan berenang melalui rahim. Hal ini akan membuat sperma sulit bertemu dengan sel telur.

Kondisi ini dapat membantu mencegah kehamilan, sehingga peluang hamil setelah berhubungan seks rendah.

Bila perlu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang prosedur pemasangan IUD tembaga. Alat kontrasepsi akan masuk ke dalam rahim melalui vagina. Pastikan Anda melakukannya tepat setelah berhubungan seks.

Ini berarti bahwa setelah Anda berhubungan seks malam sebelumnya, Anda harus pergi ke dokter kandungan segera setelah IUD tembaga dapat terpasang. Karena metode kontrasepsi ini hanya bisa efektif jika dimasukkan ke dalam rahim dalam waktu lima hari setelah berhubungan seks tanpa kondom.

Jika kita dengan benar dalam 5 hari, IUD tembaga efektif mencegah kehamilan setelah berhubungan dengan tingkat efektivitas 99,9%. Anda juga dapat menghindari kehamilan saat berhubungan seks dengan IUD tembaga selama 10 sampai 12 tahun.

Jika Anda menggunakan IUD tembaga setelah 5 hari berhubungan seks, ada kekhawatiran bahwa metode pengendalian kelahiran ini mungkin tidak berfungsi sebagai cara untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan seks. Perlu kita ketahui bahwa efek samping dari penggunaan pil anti-tembaga adalah perdarahan menstruasi yang berat dan sakit perut selama 3-6 bulan pertama penggunaan.

Berhubungan Seks Tidak Dalam Masa Subur

cara mencegah hamil setelah berhubungan
seks pria wanita

Faktanya, berhubungan seks tidak dalam masa subur dapat mencegah kehamilan. Memahami waktu pembuahan dapat kita ketahui dengan menghitung masa haid. Anda hanya perlu mengingat hari terakhir hari pertama menstruasi Anda dan lamanya siklus menstruasi Anda.

Setelah Anda mengetahui masa subur Anda, pastikan Anda tidak melakukan hubungan seks pada hari-hari tersebut.

Baca juga..
Gejala dan Pengobatan Penyakit Sifilis
Impotensi – Penyebab Dan Pengobatannya

Faktor Lain Dalam Upaya Mencegah Kehamilan

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, ada beberapa cara lain yang dapat kita coba untuk membantu agar kehamilan tidak terjadi, antara lain:

Mengecek Kehamilan

cara mencegah hamil setelah berhubungan
Kunjungan ke dokter

Sekalipun Anda telah melakukan yang terbaik untuk menghindari kehamilan setelah berhubungan seks, Anda harus berhati-hati sebelum melakukan tes kehamilan.

Anda dapat melakukan ini sekitar dua minggu setelah berhubungan seks tanpa kondom. Sebelum melakukan tes kehamilan di rumah atau di rumah sakit, setidaknya pastikan Anda tidak memiliki waktu selama periode ini.

Pastikan Anda tidak terburu-buru. Alasan untuk ini adalah bahwa tubuh mungkin tidak “sepenuhnya” membuat hormon hCG yang merupakan tanda kehamilan.

Merencanakan Penggunaan Kontrasepsi

Jika setelah hasil pengecekan bahwa Anda tidak hamil setelah tes kehamilan, Anda dapat berhati-hati dan mempertimbangkan apakah Anda memerlukan penggunaan kondom saat berhubungan seks di masa depan.

Anda dapat mulai merencanakan untuk menggunakan kontrasepsi jangka panjang, terutama jika Anda ingin menghindari kehamilan untuk jangka waktu tertentu dengan pasangan Anda.

Beberapa pilihan alat kontrasepsi (KB) yang dapat menjadi pertimbangan Anda, antara lain:

1.Suntik KB

Metode pengendalian kelahiran yang paling umum adalah suntik KB. Penyuntikan hormon progestin akan menghentikan pelepasan sel telur baru dan membuat serviks lebih sulit untuk mencegah pembuahan.

2.Pil KB

Pil KB sebaiknya diminum secara rutin setiap hari untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan badan. Jenis kontrasepsi ini adalah kombinasi pil KB dan pil kecil.

3.KB Implan

KB implan akan tertanam di bawah kulit di lengan atas. Alat ini dapat bekerja efektif untuk mengurangi kemungkinan hamil selama 3-4 tahun.

4.IUD

IUD atau spiral dimasukkan ke dalam rahim untuk memberikan perlindungan jangka panjang. Jenis alat kontrasepsi ini efektif selama 5 sampai 10 tahun tergantung jenisnya. Jika ingin menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Ini semua tentang memutuskan metode mana yang terbaik untuk situasi Anda. Sebeiknya tidak menggunakan alat kontrasepsi dalam waktu lama tanpa pengawasan dokter, karena tidak semua alat kontrasepsi dapat langsung digunakan dan tidak cocok untuk semua orang.

Jika Anda merasa tidak nyaman setelah beberapa saat, dokter Anda mungkin mengubah metode KB Anda ke metode lain yang paling cocok untuk Anda.

Semoga informasi yang gensehat bagikan dapat berguna untuk pasangan semua. Terima kasih

3 pemikiran pada “Cara Mencegah Hamil Setelah Berhubungan Intim”

Tinggalkan komentar