Cara Menghilangkan Jerawat Di Leher

Photo of author

By admin

Cara menghilangkan jerawat di leher. Jerawat adalah kondisi peradangan pada kulit berupa bintik-bintik merah yang terkadang muncul dengan timbulnya nanah.  Timbulnya jerawat dipengaruhi oleh sebum, hormon, stres, genetika dan kosmetik. Untuk penanganan lebih lanjut, Anda harus pergi ke dokter kulit.

Upaya penanganannya tergantung dari kondisi kulit pasien dengan baik menggunakan antibiotik, isotretinoin, spironolactone dan obat-obatan di atas yang mengandung retinoid.

Dalam upaya mencegah terjadinya jerawat batu di leher, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Jangan menekan dengan jari secara langsung di area leher yang berjerawat
  • Jangan menyentuh wajah dan leher sebelum mencuci tangan
  • Gunakan kosmetik yang berbahan dasar air, bebas minyak dan non-komedogenik
  • Jaga pikiran Anda supaya tidak stress karena itu dapat memicu timbulnya jerawat
  • Makan makanan sehat dan hindari makanan berlemak
  • Minum banyak air
  • Istirahat yang cukup
  • Latihan rutin
  • Hindari produk jerawat yang dijual bebas, karena produk yang dijual bebas biasanya tidak efektif untuk jerawat kistik.

Pemicu terjadinya jerawat di sekita leher ada banyak, antara lain perubahan hormonal, pola makan, kebersihan yang buruk, atau efek penggunaan produk kecantikan tertentu.

Namun Anda tidak khawatir, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat di leher.

Baca juga..
Cacar Air Di Wajah, Bagaimana Cara Menghilangkannya?
10 Manfaat Masker Alami bagi Kulit Wajah

Menggunakan Obat

Ada beberapa pilihan obat maupun salep yang dapat kita gunakan untuk mengobati jerawat yang ada di leher, antara lain:

1. Benzoil Peroksida

cara menghilangkan jerawat di leher
Benzoil Peroksida

Salep ini merupakan salah satu perawatan jerawat topikal yang paling umum. Tersedia dalam bentuk gel, lotion, krim dan sabun, Anda tinggal memilih mana yang cocok.

Obat ini memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, juga dapat mengurangi inflamasi akibat jerawat.

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Apotek terdekat.

2. Asam Salisilat

cara menghilangkan jerawat di leher
Asam salisilat

Obat lain yang bisa Anda pakai sebagai cara menghilangkan jerawat di leher adalah asam salisilat. Manfaat dari obat ini dapat membuka pori-pori yang tertutup dan mencegah jerawat keluar. Namun, efek sampingnya adalah kulit akan menjadi kering dan berkilau di area yang dioleskan.

Anda dapat memilih obat jerawat dengan asam salisilat untuk meningkatkan perawatan kulit Anda.

Menggunakan Bahan Alami

1. Mandi Dengan Sulfur

cara menghilangkan jerawat di leher
Sulfur belerang

Sabun yang mengandung belerang atau sulfur juga baik untuk pengobatan jerawat dan melawan jerawat. Jika Anda menggunakannya pada kulit yang mengalami inflamasi karena jerawat, maka akan proses pengobatan akan relatif lebih cepat.

Hal ini terjadi karena belerang berperan dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, belerang juga dapat membersihkan pori-pori yang tertutup akibat jerawat, debu, atau kotoran lainnya.

2. Madu Dan Kayu Manis

cara menghilangkan jerawat di leher
Madu dan kayu manis

Sebuah penelitian mencari manfaat dari madu dan kayu manis. Karena itu, kedua faktor ini dapat melawan peradangan efek dari jerawat. Padahal, kedua bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan madu dengan setengah sendok teh kayu manis bubuk. Kemudian, oleskan pada area leher yang terkena. Gunakan secara rutin dan lihat perubahannya.

3. Teh Hijau

cara menghilangkan jerawat di leher
Teh hijau

Jika Anda suka minum teh hijau, jangan buang sisa ampasnya. Teh hijau, kaya akan antioksidan, melawan bakteri dan mengurangi peradangan akibat munculnya jerawat.

Anda dapat mengambil sedikit teh hijau dan menerapkannya pada daerah yang terkena. Biarkan selama 4 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Cuka Apel

cara menghilangkan jerawat di leher
Cuka Apel

Mengandung sifat asam yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, cuka sari apel juga dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Cara penggunannya, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air dan mengoleskannya pada area leher yang terkena.

Bagi kulit yang sensitif, proses ini bisa lebih menyakitkan. Jika kulit terasa panas, segera basuh dengan air bersih. Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat di leher. Untuk melindungi diri, pilih pola makan yang sehat dan jaga kebersihan tubuh untuk mengurangi risiko jerawat di leher berulang.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat di leher. Semoga bermanfaat ya sahabat Gensehat!

2 pemikiran pada “Cara Menghilangkan Jerawat Di Leher”

Tinggalkan komentar