Cara Menghilangkan Sakit Gigi Yang Berlubang, Kamu Harus Tahu!

Photo of author

By admin

Bagaimana cara menghilangkan sakit gigi yang berlubang ?. Plak adalah lapisan bakteri yang melekat pada gigi dan jika tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Dan apabila kondisi ini terus diabaikan maka akan mengakibatkan gigi berlubang. Pada situasi ini maka gigi akan rentan mengalami sakit yang hebat disertai rasa ngilu.

Beberapa gejala yang dapat dirasakan dengan sakit gigi adalah rasa sakit yang saat mengunyah atau makan, sensasi terbakar atau berdenyut di area yang terkena, rasa sakit yang bertambah parah pada malam hari, dan sensasi sakit yang menyebar ke telinga, dahi, atau leher.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit gigi yang berlubang, yaitu melalui cara alami maupun secara medis.

Cara Alami Untuk Mengatasi Sakit Pada Gigi Yang Berlubang

Ada beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang:

1. Garam

garam sebagai cara menghilangkan sakit gigi yang berlubang
garam sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi yang berlubang

Garam dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Cara untuk menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian kumur-kumur campuran tersebut dalam mulut selama beberapa menit.

Garam mengandung natrium klorida yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan rasa sakit serta membunuh bakteri yang dapat menyebabkan peradangan. Ketika dicampur dengan air hangat, garam dapat membantu melepaskan asam yang terkumpul di sekitar gigi yang berlubang, yang dapat menyebabkan rasa sakit.

2. Bunga Cengkeh

Bunga cengkeh dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Bunga cengkeh mengandung eugenol yang merupakan zat yang dapat meredakan rasa sakit dan inflamasi. Ada beberapa cara untuk menggunakan bunga cengkeh untuk meredakan rasa sakit pada gigi berlubang:

  1. Anda dapat mengunyah beberapa butir bunga cengkeh selama beberapa menit.
  2. Anda juga dapat membuat infus dari biji cengkeh, kemudian mengkonsumsi infus tersebut atau menggunakannya sebagai obat kumur.
  3. Anda juga dapat membuat minyak cengkeh dengan cara mencampur minyak kelapa dengan bunga cengkeh, lalu digunakan untuk mengoleskan pada gigi yang berlubang.

Perlu diingat sebelum melakukan hal ini, untuk melakukan konsultasi dokter terlebih dahulu untuk menemukan cara menghilangkan sakit gigi yang berlubang secara tepat

3. Daun Sirih

Daun sirih dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Daun sirih mengandung senyawa yang dapat meredakan rasa sakit dan inflamasi. Ada beberapa cara untuk menggunakan daun sirih untuk meredakan rasa sakit pada gigi berlubang:

  1. Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun sirih selama beberapa menit.
  2. Anda juga dapat membuat infus dari daun sirih, kemudian mengkonsumsi infus tersebut atau menggunakannya sebagai obat kumur.
  3. Anda juga dapat mengoleskan daun sirih yang sudah dihancurkan pada gigi yang berlubang.

4. Esensial Oil

Beberapa minyak esensial dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Minyak esensial yang digunakan untuk meredakan rasa sakit gigi umumnya mengandung senyawa yang dapat mengurangi inflamasi dan rasa sakit. Beberapa minyak esensial yang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit gigi adalah:

  1. Minyak kayu putih: Minyak kayu putih mengandung eucalyptol yang dapat meredakan rasa sakit gigi.
  2. Minyak peppermint: Minyak peppermint mengandung menthol yang dapat meredakan rasa sakit gigi dan menyegarkan napas.
  3. Minyak cengkeh: Minyak cengkeh mengandung eugenol yang dapat meredakan rasa sakit gigi dan inflamasi.
  4. Minyak lavender : Minyak lavender dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi berlubang.

Perlu diketahui bahwa ini metode-metode yang disampaikan di atas adalah solusi sementara sebagai cara menghilangkan sakit gigi yang berlubang dan Anda harus segera mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan dan perawatan yang tepat. Selain itu, sebelum menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Cara Medis Untuk Mengatasi Sakit Pada Gigi Berlubang

Beberapa cara medis yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang antara lain:

1. Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit gigi berlubang antara lain:

  1. Analgetik OTC (over the counter) seperti ibuprofen dan aspirin dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit.
  2. Obat sakit gigi yang mengandung benzokain seperti Orajel dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit.
  3. Obat-obatan yang mengandung lidokain seperti Xylocaine gel dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit.
  4. Obat-obatan tetes mulut yang mengandung clove oil dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit.

Semua obat-obatan ini dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit gigi berlubang, namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau dokter gigi sebelum menggunakannya. Jangan lupa untuk selalu membaca dan mengikuti petunjuk pemakaian yang tercantum pada kemasan obat.

2. Pembersihan Gigi

Pembersihan gigi yang dilakukan dengan benar dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membersihkan gigi yang sakit antara lain:

  1. Menggunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membersihkan gigi dan menghilangkan plak.
  2. Menggunakan benang gigi atau interdental brush untuk membersihkan ruang antar gigi dan menghilangkan plak yang terjebak di sana.
  3. Menjaga asupan air yang cukup untuk membantu membersihkan gigi dan menghilangkan plak.
  4. Menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi atau karbohidrat yang dapat menyebabkan plak dan karies.
  5. Menjaga kesehatan mulut dengan rajin berobat ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan perawatan.

3. Mencabut Gigi

Mencabut gigi dapat menjadi salah satu pilihan perawatan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang jika kondisi gigi sudah sangat parah dan tidak dapat diperbaiki lagi dengan cara lain. Namun, sebelum mencabut gigi, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan analisis kondisi gigi terlebih dahulu dan akan memberikan saran perawatan yang paling sesuai.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gigi harus dicabut antara lain : -Karies yang sudah sangat parah sehingga tidak dapat diperbaiki lagi -Gigi yang rusak karena trauma atau cedera -Gigi yang tidak dapat diselamatkan karena infeksi atau abses -Gigi yang tidak dapat diselamatkan karena kerusakan pada akar -Gigi yang tidak dapat diselamatkan karena masalah orthodonti

Setelah mencabut gigi, dokter gigi akan memberikan saran dan perawatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi mulut dan mencegah masalah gigi yang mungkin terjadi

4. Dental Crown

Dental crown (atau “kerah gigi”) adalah sebuah kapsul keramik atau logam yang dipasang di atas gigi yang rusak untuk melindungi dan menguatkan gigi tersebut. Dental crown digunakan dalam berbagai kondisi, salah satunya adalah untuk menutup dan menyelamatkan gigi yang rusak karena karies atau kerusakan lainnya.

Proses pemasangan dental crown meliputi beberapa tahap:

  1. Persiapan gigi: Dokter gigi akan membersihkan gigi yang akan ditutup dengan dental crown, menghilangkan karies dan mengecilkan gigi jika diperlukan untuk membuat ruang yang cukup untuk dental crown.
  2. Pembuatan impresi: Dokter gigi akan membuat impresi gigi yang akan ditutup dengan dental crown. Impresi ini digunakan untuk membuat dental crown yang sesuai dengan ukuran dan bentuk gigi yang akan ditutup.
  3. Pembuatan dan pencocokan dental crown: Dental crown dibuat di laboratorium berdasarkan impresi yang diterima dari dokter gigi. Setelah selesai dibuat, dental crown dicocokkan ke gigi untuk memastikan bahwa ukuran dan bentuknya sesuai dengan gigi yang akan ditutup.
  4. Pemasangan dental crown: Setelah dental crown sesuai, dokter gigi akan menempelkan dental crown ke gigi yang akan ditutup menggunakan resin kedokteran gigi.

Dental crown akan melindungi gigi yang rusak dari kerusakan lebih lanjut dan memungkinkan Anda untuk tetap menggunakan gigi tersebut seperti biasa. Namun perawatan rutin seperti pembersihan gigi yang baik dan kontrol dokter harus tetap dilakukan agar dental crown dapat bertahan lama. Metode ini merupakan alternatif dari cara menghilangkan sakit gigi yang berlubang

5. Tambal Gigi

Tambal gigi adalah salah satu cara untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Tambal gigi digunakan untuk menutupi lubang pada gigi yang rusak dan melindungi gigi dari kerusakan lebih lanjut. Ada beberapa jenis tambal gigi yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Tambal gigi amalgam: Tambal gigi ini terbuat dari campuran logam seperti perak, tembaga, dan timah. Tambal gigi ini cukup kuat dan tahan lama, namun tidak se estetis tambal gigi lain.
  2. Tambal gigi komposit: Tambal gigi ini terbuat dari campuran resin komposit dan filler. Tambal gigi ini lebih estetis dibandingkan tambal gigi amalgam, namun kurang tahan lama.
  3. Tambal gigi keramik: Tambal gigi ini terbuat dari bahan keramik yang dapat dibentuk sesuai dengan bentuk gigi asli. Tambal gigi ini estetis dan tahan lama, namun lebih mahal dibandingkan tambal gigi lain.
  4. Tambal gigi onlay: Tambal gigi ini digunakan untuk mengatasi kerusakan yang cukup parah pada sebagian gigi. Tambal gigi ini dibuat dari bahan keramik atau logam yang dapat dibentuk sesuai dengan bentuk gigi asli.

Jika Anda mengalami sakit gigi berlubang, segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan tambal gigi yang sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Dan selalu ingat untuk menjaga oral hygiene yang baik agar terhindar dari masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.

6. Root Canal

Root canal (endodonti) adalah prosedur medis yang digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang yang disebabkan oleh infeksi pada pulpa gigi. Pulpa gigi adalah jaringan yang berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak yang berada di dalam gigi.

Proses root canal meliputi pengeluaran jaringan pulpa yang terinfeksi dan dibersihkan dari gigi, kemudian dilakukan pengisian dengan bahan khusus yang digunakan untuk menutup lubang pada gigi dan mencegah infeksi.

Setelah prosedur root canal selesai, dokter gigi akan menutup lubang pada gigi dengan tambal gigi, tambal gigi keramik atau tambal gigi onlay. Ini akan melindungi gigi dari kerusakan lebih lanjut dan memungkinkan Anda untuk tetap dapat menggunakan gigi yang telah diobati.

Meskipun root canal mungkin terdengar menakutkan, prosedur ini sangat efektif dalam mengatasi sakit gigi berlubang dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada gigi. Prosedur ini juga dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan gigi pasien.

Berikut tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghilangkan sakit gigi yang berlubang, semoga dapat membantu sahabat Gensehat semua. Jangan lupa untuk menghubungi Dokter untuk emdapatkan perawatan medis yang lebih baik. Terima Kasih!

Tinggalkan komentar