Cara Mengobati Penyakit Ginjal Stadium Awal

Photo of author

By admin

Cara mengobati penyakit ginjal stadium awal. Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang sangat vital dan terletak di bawah tulang rusuk dan memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsinya adalah menghasilkan renin sebagai enzim yang mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Eritropoietin yang merupakan hormon yang diproduksi oleh ginjal berperan merangsang produksi sel darah merah, menghasilkan senyawa yang bekerja dengan vitamin D dan menyaring produk sisa metabolisme manusia. Untuk itu perlu adanya melakukan pencegahan sejak awal apabila terasa ada gangguan pada organ tersebut.

Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal

Ada beberapa gejala umum yang kerap timbul pada awal penyakit ginjal. Antara lain:

  1. Perut terasa mual dan muntah. Saat tubuh kesulitan untuk membuang racun, limbah, dan cairan. Akibatnya, banyak zat zat yang akhirnya menumpuk di dalam tubuh. Kondisi ini jika berlangsung lama dapat menyebabkan mual dan muntah. Sehingga banyak penderita yang kehilangan nafsu makan karenanya.
  2. Mudah lemas. Ginjal yang normal akan menghasilkan hormon eritropoietin. Tugasnya adalah memberi tahu tubuh untuk membuat sel darah merah. Saat ginjal bermasalah, produksi hormon ini menurun dan darah merah berkurang.
  3. Urin keruh & berbusa. Peran utama ginjal dalam tubuh adalah memproduksi urin. Maka tidak heran, salah satu gejala penyakit ginjal adalah perubahan urine yang berbeda dari sebelumnya.
  4. Wajah & badan menjadi bengkak. Para penderita gagal ginjal stadium awal biasanya kerap merasa bahwa wajah atau kaki terasa bengkak karena ginjal tidak mampu lagi membuang kelebihan air di dalam tubuh, yang akhirnya akan terakumulasi di dalam tubuh . Akibatnya, wajah, kaki, atau bagian tubuh lainnya bisa membengkak.
  5. Lidah terasa pahit. Gejala awal lain dari penyakit ginjal adalah pahit di lidah. Kondisi ini merupakan akumulasi bahan limbah dalam darah. Perubahan rasa ini sering menyebabkan mulut menjadi bau dan kurang nafsu makan.

Gejala gejala yang muncul tersebut akan menghambat kerja penderita penyakit ginjal. Kondisi pasien yang sering mengalami sesak napas, badan lemas, gatal-gatal dan bengkak pada tubuh akan mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Oleh karena itu, penderita penyakit ginjal harus segera mendapatkan pengobatan agar dapat lekas pulih.

Penyakit ginjal stadium awal berarti perkiraan laju filtrasi glomerulus (eGFR) mencapai 90 atau lebih tinggi dengan kerusakan ginjal ringan dan fungsi ginjal normal. Pada penyakit ginjal kronis (PGK) stadium awal, penting untuk memantau kesehatan Anda dengan cermat dan membuat perubahan gaya hidup yang dapat membantu memperlambat perkembangan CKD dan mengurangi risiko kerusakan ginjal atau masalah lain.

Baca juga..
Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal
Hobi Makan Daging Bisa Bikin Ginjal Rusak?

Penyebab Penyakit Ginjal Stadium Awal

Beberapa penyebab terjadinya penyakit ginjal pada stadium awal, antara lain:

  1. Penderita diabetes melitus atau kadar gula darah rendah selalu tinggi.
  2. Pasien dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang terkontrol dengan baik.
  3. Penderita autoimun yang tidak terkontrol. 
  4. Batu ginjal yang tidak tertangani dengan benar.
  5. Infeksi saluran kemih sangat serius.
  6. Minum obat pereda nyeri secara teratur atau terus menerus.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Terhindar Dari Penyakit Ginjal Stadium Awal

Sebelum kita mengetahui cara mengobati penyakit ginjal stadium awal maka perlu kita ketahui juga langkah-langkah preventif agar kita terhindar dari penyakit tersebut. Aadapun langkah-langkahnya antara lain:

  1. Hindari mengkonsumsi makanan atau obat-obatan yang dapat menggangu kinerja ginjal, seperti: obat-obatan pereda rasa nyeri, makanan yang mengandung bahan pengawet dan pewarna
  2. Periksa tekanan darah Anda secara teratur. 
  3. Apabila Anda memiliki penyakit infeksi saluran kemih, maka segera lakukan pengobatan.
  4. Jaga gula darah Anda agar tetap normal

Tindakan Pengobatan Penyakit Ginjal Stadium Awal

Setelah melakukan pengecekan dokter dan Anda terbukti menderita penyakit ginjal stadium awal, maka Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Konsumsi makanan sehat. Hindari lemak jenuh dan makanan dengan kolesterol tinggi. Pilih makanan yang rendah garam dan pertahankan asupan protein sesuai anjuran dokter. Juga perbanyak makan buah dan sayuran segar.
  2. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil sekitar 130/85
  3. Tetap mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap stabil
  4. Lakukan olah raga secara teratur
  5. Rutin periksakan diri ke dokter & minum obat sesuai anjuran.

Berikut tadi merupakan serangkaian tips cara mengobati penyakit ginjal stadium awal. Semoga informasi ini bermanfaat ya, sahabat gensehat !

Tinggalkan komentar